Biology - Mangamati tumbuhan lumut, paku, dan berbiji

Lembar Aktivitas Belajar
Mengamati Tumbuhan Lumut(Bryophyta) dan Tumbuhan Paku (Pteriodphyta)
Tujuan : Mengamati struktur tumbuhan lumut.
                          Mengamati struktur tumbuhan paku.
Membandingkan Struktur dan metagenesis tumbuhna lumut dan tumbuhan paku.

A. Tumbuhan Lumut

Bahan dan alat :
·         Tumbuhan Lumut
·         Mikroskop
·         Object Glass
·         Cover Glass
·         Gelas Kimia
·         Pipet Tetes
·         Pinset

Cara kerja :

1 Carilah contoh tumbuhan lumut dari halaman sekolah atau dari rumah, ditempat yang lembap dan teduh
2- Jika perlu, Anda dapat mendokumentasikannya dalam bentuk foto.
3.      Ambil contoh lumut berserta medianya secara hati-hati dengan menggunakan pinset.
4.      Amati bentuk tubuh lumut tersebut dengan menggunakan mikroskop.
5.      Gambar hasil pengamatan anda dalam lembar pengamatan
6.      Beri keterangan bagian-bagian tumbuhan lumut yang anda amati.

Hasil Pengamatan :
           
            Koloni Lumut

Description: C:\Users\user\Downloads\bio\1421658850986.jpgDescription: C:\Users\user\Downloads\bio\1421658840757.jpgDescription: C:\Users\user\Downloads\bio\1421658849484.jpg




            Individu Lumut

1. Sporangium                         2. Seta                         3. Batang, Daun
Description: C:\Users\user\Downloads\bio\1421658850986.jpgDescription: C:\Users\user\Downloads\bio\1421658851983.jpgDescription: C:\Users\user\Downloads\bio\1421658866179.jpg
           




Pertanyaan Untuk Diskusi

1. Bagaimanakah bentuk kelompok tumbuhan lumut yang ada di habitatnya? Cobalah deskripsikan.
Bentuk tumbuhan lumut pada habitatnya berwarna hijau,bila di sentuh hanya seperti bulu, menempel pada batu, terdapat pada tempat-tempat yang lembab.

2. Apakah Anda sudah dapat membedakan struktur akar,batang, dan daun pada lumut? Berilah keterangan pada gambar hasil pengamatan Anda.
Sudah, saya sudah memberikan keterangan pada hasil pengamatan saya.

3. Perhatikan tumbuhan lumut lengkap berikut

b
 
Text Box: a

a. Carilah informasi tentang nama dan peranan bagian a dan b dalam reproduksi
a. terdapat sporofit , sporofit menumpang pada gametofit dan makanannya bergantung pada gametofit, menghasilkan spora untuk bereproduksi
b. terdapat gametofit, sel kelamin pada tumbuhan lumut.

b. Apakah semua lumut yang diamati memiliki bagian a?
Ya.

c. Apakah semua lumut yang diamati memiliki bagian b?
Ya.

d. Manakah yang merupakan bagian tumbuhan lumt yang dominan? Mengapa ?
a, karena pada bagian a terdapat sporangium dan tangkai yang berfungsi sama seperti batang pada tumbuhan untuk mengalirkan makanan, dan untuk berfotosintesis.





4. Perhatian gambar siklus yang menunjukkan metagenesis tumbuhan lumut berikut



a. Lengkapilah siklus hidup bagian a atau b sesuai dengan fasenya.
A : Sporofit dewasa
B : Gametofit dewasa

b. Berdasarkan skema tersebut cobalah rumuskan pengertian metagenesis.
Metagenesis adalah bagaimana suatu tumbuhan lumut melakukan pembaruan/ reproduksi

c. Buatlah kesimpulan tentang sifat tumbuhan yang merupakan fase dominan.
Pada gametofit merupakan fase dominan karena pada fase gametofit spora berkecambah dan menjadi gametofit dewasa, gametofit terdapat sel kelamin tumbuhan lumut dan di fertilisasikan di fase sporofit.

5. Perhatikan gambar skema siklus hidup(metagenesis) tumbuhan lumut berikut.

Spora
 

Embrio
 

Zigot
 

Ovum
 

Spermatozoid
 

Anteridium
 

Arkegonium
 

Spora
 

Tumbuhan Lumut
 

Protonema               
 

a. Lengkapilah bagian siklus yang masih kosong




b. Deskripsikan metagensis yang terjadi pada tumbuhan lumut
spora menjadi protonema, lalu menjadi tumbuhan lumut. Tumbuhan lumut terbagi dua menjadi anteridium ( spermatozoid) dan Arkegonium(Ovum). Fertilisasi menjadi Zigot. Zigot menjadi embrio. Embrio tumbuh menjadi Spora.


B. Tumbuhan Lumut

Bahan dan alat :
·         Beberapa contoh tumbuhan paku
·         Mikroskop

Cara Kerja :
1.      Carilah beberapa tumbuhan paku yang ada disekitar sekolah atau di sekitar rumah.
2.      Apabila tumbuhan paku yang Anda tentukan berukuran kecil, bawa tumbuhan di pot yang sudah diberikan tanah secukupnya.
3.      Apabila tidak mungkin dibawa, amati dan gambar ciri-ciri tumbuhan paku tersebut.
4.      Anda dapat mendokumentasikannya dalam bentuk foto jika diperlukan.
5.      Amati bagian-bagian tumbuh tumbuhan paku tersebut (akar,batang, dan daun)
6.      Amati seluruh bagian tumbuhan, termasuk tumbuhan paku yang baru muncul.
7.      Carilah sorusm kemudian amati dan gambar letak serta bentuk sorus tersebut.





Hasil Pengamatan

Tumbuhan Paku Sejati
Description: C:\Users\user\Downloads\bio\1421658872598.jpg
(akar,batang,daunm dan sorus)           Sporangium
Description: C:\Users\user\Downloads\bio\1421658842047.jpg
Pertanyaan untuk Diskusi
1. Apakah warna daun tumbuhan paku yang anda amati? Mengapa?
Hijau, karena tumbuhan paku memiliki klorofil

2. Berdasarkan hasil pengamatan, apakah Anda menjumpai struktur akar, batang, dan daun pada tumbuhan paku? Jelaskan fungsi tiap struktur tersebut.
Ya, Akar berfungsi untuk menyerap zat hara yang ada pada tanah dan tempat melekatnya batang. Batang berfungsi untuk mengangkut zat hara pada daun, dan tempat melekatnya daun serta tempat penopang tumbuhan. Daun berfunsi untuk tempat berfotosintesis.

3. Berdasarkan hasil pengamtan, apakah Anda menjumpai adanya spora? Di bagian manakah spora dapat ditemukan ? Gambarkan bagian tumbuhan paku mengandung spora.
Ya. Di bagian bawah daun.
Description: http://kfk.kompas.com/image/preview/c3BvcmEuSlBH.jpg

4. Berdasarkan ciri-cirinya, apakah tumbuhan paku yang anda amati sedang dalam fase sporofit atau gametofit? Mengapa? Apakah kedua fase keturunan pada paku paku dapat di amati?
Sporofit karena tumbuhan paku yang saya amati sudah dalam keadaan dewasa. Bisa di amati kalau keadaan masih mudah tumbuhannya masih menguncup.

5. Tumbuhan paku mengalami pergiliran keturunan (metagenesis). Kumpulkan informasi tentang metagenesis tumbuhan paku dan gambarkan skemanya.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgFhXZvo_NNir2LAkbzgesyWrMdEB4yRIdHvvFE_YmQ8ujd2_zprTwu04HhlQvuKZmgZWD1OkRmjG4X6iPck8aXZbT7FUzPNX5C3QaCoArXMtVoTZGeZ0YQntoaoyE1q1do0vr9r0zvpy2_/s400/daur+hidup.jpg

6. Identifikasikan perbedaan metagenesis pada tumbuhan lumut dan paku dengan membandingkan skema metagenesis tumbuhan lumt dan paku.
Perbedaan nya terletak pada gametofit dewasanya, dan embrio pada tumbuhan lumut sedangkan sporofil pada tumbuhan paku.

7. Bandingkan ciri-ciri tumbuhan lumut dan paku yang anda amati. Jelaskan persamaan tumbuhan lumut dan paku.

Ciri-ciri tumbuhan lumut :
1.      Fotoautotrof
2.      Di tempat lembab (higrofit), di tanah, tembok, bebatuan lapuk dan menempel(epifit) di kulit pohon, hidup di air (hidrofit)
3.      Tubuh ada yang berbentuk lembaran
4.      Berbentuk tumbuhan kecil dan tegak
5.      Berukuran 1-2 cm, dan sekitar 20cm

Ciri-ciri tumbuhan paku :
1.      Merupakan tumbuhan kormus (mempunyai akar, bantang, dan daun sejati)
2.      Hidup di mana-mana (kosmopolit)
3.      Berkembang biak dengan spora,
4.      Hidupnya mengalami regenerasi (pergiliran keturunan)
5.      Tidak menghasilkan bunga atau biji
6.      Daun muda menggulung
7.      Hidup di tempat yang lembab.
8.      Berukuran tinggi bisa mencapai 5m, ada yang mencapai 15m-40m

Memiliki persamaan : fotoautotrof, hidup di tempat lembab.



8. Tumbuhan lumut dan paku juga menunjukkan perbedaan ciri. Identifikasi perbedaan struktur tumbuhan lumut dan paku.
struktur tumbuhan lumut
            Gametofit ( sel kelamin )
            Sporofit ( penghasil spora )
Struktur tumbuhan paku
            Sporofit ( penghasil spora )
            Gametofit ( sel kelamin )

Lembar Aktivitas Belajar
Mengamati Tumbuhan Berbiji ( Spermatophyta )
Tujuan : Mengenal contoh-contoh tumbuhan spermatophyta
Mengamati ciri-ciri akar, batang , daun, bunga, buah dan biji tumbuhan spermatophyta
Mengenal reprofuksi tumbuhan spermatophyta
Mengenal klasifikasi tumbuhan spermatophyta
             

Bahan dan alat :
·         Bagian-baigan tumbuhan : melinjo,padi,bayam
·         Kamera

Cara kerja :
1.      Siapkan bagian-bagian tumbuhan yang akan digunakan sebagai objek pengamatan.
2.      Amati bagian-bagian tubuh tumbuhan tersebut (akar,batang,daun,bunga,buah,dan biji)
3.      Gambar dan catat ciri-ciri bagian tumbuhan tersebut.


Hasil Pengamatan

A.Biji Melinjo
(akar, batang, daun, biji)
Description: C:\Users\user\Downloads\bio\1421658839164.jpg Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNwZORYBMPD99tESYwO0BykbcK5INZKZXPLt387R0_B6t68Os0gjpocwk1WsuWE1wfvLP4G9K-irqhWd7mGSnBXIWjX5wXO3qgGIa3S2QUA3qw8ltswFsJ8N0pm9H2V48_b7DFwBUYosDS/s1600/melinjo.jpg






B.Tumbuhan Padi
Terdiri dari akar, batang, daun, dan biji
Description: C:\Users\user\Downloads\bio\1421658871007.jpg
C.Tumbuhan Bayam
Terdiri dari akar, batang , dan daun
Description: C:\Users\user\Downloads\bio\1421658843399.jpg

Pertanyaan Hasil Diskusi

1. Berdasarkan hasil pengamatan Anda, jelaskan persamaan ciri tumbuhan yang Anda amati.
Pada tumbuhan yang saya amati memiliki persamaan fotoautotrof, sebagai cadangan makanan. Memiliki klorofil untuk melakukan fotosintesis.

2. Berdasarkan Hasil pengamatan Anda, jelaskan perbedaan ciri tumbuhan monokotil dan dikotil.
Perbedaan nya terletak pada keping biji pada monokotil satu, sedangkan dikotil dua biji. Terletak pada bentuk akarnya. Daun pada tumbuhan monokotil dan dikotil.

3. Kumpulkan informasi persamaan dan perbedaan biji pada tumbuhan A,B, dan C
Persamaan : biji berfungsi untuk cadangan makanan.
Perbedaan : pada biji A memiliki 1 keping biji, sedangkan B memiliki banyak keping biji

4. Buatlah kesimpulan ciri dan kelompok tumbuhan Gymnospermae dan Angiospermae.
Kesimpulan ciri ciri :
·         Gymnospermae : tidak mempunyai bunga sejati dan mahkota, bergetah, menghasilkan dua spora yang berbeda.
·         Angiospermae : memunyai bunga sejati. Ada yang berkeping 1 (monocotyledoneae) dan berkeping 2 (dicotyledoneae)
5. Buatlah kesimpulan ciri dari kelompok tumbuhan monokotil dan dikotil.
Kesimpulan ciri-ciri :
Description: C:\Users\user\Downloads\bio\1421658850986.jpg·         monokotil : - bijinya tunggal
                  - Hanya memiliki satu daun lembaga
                             - Berakar serabut
                             - Daun berseling
                             - Tubuhan biji berkeping satu
                             - tulang daun sejajar
                             - berbentuk pita

·         dikotil      : - bentuk akar tunggang
                             - tidak memiliki tudung akar
                             - jumlah keping bijinya dua
                             - batangnya bercabang cabang
                             - pola tulang daun dan sum sumnya menyirip
                               Atau menjari
                             - terdapat cambium pada akar dan batang dan dapat bertumbuh besar
                             - memiliki dua keping lembaga / kotidelon
                             - bagian bagian bunga berjumlah 4,5 atau kelipatannya
                             - pembuluh pengangkutnya teratur dalam lingkaran/cincin
                             - tipe berkas pengangkut kolateral terbuka
                             - jumlah kelopak bunganya dua,empat,lima,atau kelipatannya


Comments

Post a Comment

Popular Posts